Kiat Sehat di Masa Sulit

on

Jakarta, Kondisi lingkungan, sosial dan keuangan tak selamanya normal. Kadang-kadang ada kejadian tak terduga yang membuat kehidupan berubah. Namun meski kondisi sulit, disarankan tetap menjaga kesehatan.

Seperti saat krisis keuangan banyak orang mengurangi pengeluarannya, mencoba untuk berhemat dan melakukan pengurangan disegala hal.

Sebaliknya ketika terjadi kejadian luar biasa seperti ledakan bom, sedikit banyak akan membuat orang trauma dan memilih mengurangi kegiatannya di luar. Yang mengerikan jika kejadian luar biasa ini ikut membuat pekerjaan hilang sehingga kita dipaksa untuk berhemat.

Tapi jangan sampai kondisi-kondisi yang tidak normal itu mengurangi sesuatu yang
berhubungan dengan kesehatan?

Para ahli mengatakan meskipun krisis masyarakat sebaiknya tetap bisa mengkonsumsi makanan yang sehat, fisik yang fit dan melakukan perawatan kesehatan.

Berikut beberapa kiat untuk tetap sehat disaat krisis seperti dikutip dari Health24, Jumat (17/7/2009).

Strategi yang disarankan oleh Dr Thomas J Weida dari Penn State College of Medicine's Department of Family and Community Medicine untuk mengurangi biaya pengeluaran perawatan kesehatan adalah:

Mendiskusikan untuk menukar dengan obat generik. "Jika memerlukan pengobatan yang kronik bicarakan dahulu dengan dokter tentang alternatif penggantian obat generik atau mengurangi dosis dari obat tersebut," ujarnya.
Tangani batuk dan flu dirumah. "Jika menunjukkan gejala yang parah atau berbeda, segera hubungi dokter".
Telepon dokter untuk minta masukan karena banyak masukan yang bisa diberikan lewat telp.

Strategi untuk mengurangi biaya makanan

Mengurangi mengkonsumsi makanan di luar. "Saat krisis tetap bisa mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak melampaui anggaran," ujar Bethany Thayer dari American Dietetic Association, "Hanya dibutuhkan sedikit rencana tambahan dan pemikiran ekstra".
Mulailah mengkonsumsi makanan yang dibuat sendiri. "Buatlah makanan yang terdiri dari bahan mentah karena makanan siap saji harganya sangat mahal," ujarnya.
Buatlah daftar barang apa saja yang harus dibeli di supermarket, ini bisa membantu agar tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan.
Ambil keuntungan dari produk musiman. "Produk musiman akan memiliki harga yang lebih murah, selain itu jika ingin membeli makanan yang cepat rusak, belilah sesuai kebutuhan untuk dikonsumsi, jangan tergiur oleh harga yang spesial".
Simpanlah makanan yang tidak mudah rusak. Buah dan sayuran kadang-kadang bisa lebih murah karena bisa bertahan lebih lama dan tetap fresh. "Membeli makanan dalam jumlah besar juga bagus asalkan dipakai sebelum membusuk," ujarnya.
Belilah sumber protein yang murah. "Kacang-kacangan sangat murah dan kaya akan protein dan serat serta lebih serbaguna," ujarnya. "Banyak variasi dari kacang-kacangan yang bisa digunakan hanya tinggal di campur saja dan susu non-fat juga bagus untuk sumber protein lainnya".

Strategi olahraga yang murah

"Tidak perlu harus ketempat fitnes untuk mendapatkan badan yang fit," ujar Esco, instruktur di Auburn University Montgomery, Alabama. Hal yang perlu disadari untuk kesehatan secara umum adalah melakukan aktifitas fisik dan sebenarnya banyak gerakan tubuh yang menggunakan energi.
Cobalah untuk melakukan lompat tali yang merupakan olahraga murah dan bisa menyehatkan jantung.
Olahraga dengan menggunakan sepeda juga bisa menyehatkan badan.
Gunakan berat badan sebagai alat berolahraga, misalnya dengan melakukan sit up, push up dan berjalan kaki di pagi hari.
Belilah pedometer (alat penghitung langkah), merupakan alat yang murah dan sederhana sekaligus bisa menghitung berapa kalori yang telah dikeluarkan selama berjalan.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar