Jangan Makan Sambil Berdiri Kalau Ingin Kurus

on

Jakarta, Orang tua sering melarang kita makan dan minum sambil berdiri. Mungkin kedengarannya seperti nasihat biasa saja, tapi ternyata hal itu ada benarnya jika Anda ingin menurunkan berat badan. Jangan makan sambil berdiri kalau ingin kurus.

Anda merasa sudah melakukan diet dengan benar tapi berat badan belum berkurang juga? Mungkin ada yang salah dengan cara makan Anda. Kebiasaan makan sambil berdiri bisa jadi salah satu penyebab mengapa Anda tidak kurus-kurus.

Dikutip dari Parade Magazine, Senin (31/8/2009), ada beberapa hal yang harus dan tidak Anda lakukan untuk menurunkan berat badan.

Jangan makan sambil berdiri
Di zaman yang serba cepat ini, makan bukanlah kegiatan yang spesial lagi. Dahulu, orang-orang selalu makan dalam keadaan duduk untuk menghargai berkah yang diberikan sang pencipta. Namun kini, makan sambil berdiri bahkan berjalan sudah jadi hal yang lumrah.

Secara ilmiah, makan sambil duduk dan tetap pada satu tempat membuat otak tidak akan memikirkan makanan lain selain yang ada di hadapannya saat itu. Hal itu karena tubuh akan memberikan sinyal pada otak untuk tidak perlu mencicipi makanan lainnya dan fokus pada satu makanan ketika sedang duduk, dan hal itu membuat Anda lebih sedikit memasukkan kalori dalam tubuh.

Jangan makan dalam gelap
Makan di tempat gelap diterangi lilin mungkin terdengar romantis, tapi jangan salah, hal itu justru membuat nafsu makan bertambah tanpa disadari.

Selain makanan tidak terlihat dengan baik, makan dalam gelap juga akan menyamarkan perilaku makan seseorang karena merasa tidak terlihat. Dalam ruangan terang, seseorang akan lebih sadar dengan apa yang mereka makan dan lebih baik mengontrol porsinya.

Jangan sepelekan tidur
Studi baru-baru ini menyebutkan bahwa kurang tidur menyebabkan berat badan bertambah. Ketika mata tidak mendapatkan cukup waktu untuk terpejam, tubuh akan memproduksi hormon ghrelin yang membuat seseorang merasa lapar, serta menurunkan hormon leptin yang meningkatkan rasa kenyang. Disiplin dalam tidur adalah faktor penting untuk mengurangi berat badan.

Buat porsi makan kecil-kecil
Para ahli dari Cornell University and the University of Illinois menemukan bahwa mengonsumsi makan dalam porsi dan wadah yang kecil-kecil bisa mengurangi berat badan. Dalam Journal of the American Medical Association disebutkan bahwa perilaku makan dalam jumlah kecil lebih efektif mengurangi berat badan daripada makan dalam porsi dan wadah yang besar.

Batasi pilihan makanan favorit
Meskipun sedang diet, terkadang Anda tak tahan untuk mencicipi semua makanan, apalagi makanan favorit. Langkah alternatif yang Anda ambil pun biasanya Anda akan mencicipi semua makanan itu dalam porsi kecil-kecil.

Sebaiknya jangan teruskan kebiasaan itu karena sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang akan merasa lebih bahagia ketika mengonsumsi makanan favoritnya berulang-ulang. Hal itu akan membuat porsi kecil tadi menjadi besar. Oleh karena itu, batasi dan kurangi pilihan makanan yang ada di depan mata, meskipun itu adalah makanan favorit Anda.

Selipkan serat di setiap menu
Serat sangat baik untuk orang diet karena akan memperlambat kerja saluran pencernaan dan menyerap air yang membuat rasa kenyang tertahan lebih lama di perut.

Begitu juga halnya dengan protein yang lebih lambat dicerna daripada karbohidrat dan lemak. Kombinasi serat dan protein akan sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, pilihlah salad atau sup ketimbang pasta sebagai hidangan penutup.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar