Kenapa Sering Kram?

on

Jakarta, Kram dirasakan hampir semua orang baik pada saat olahraga, melakukan aktivitas, ataupun pada saat menstuasi. Kram bisa terjadi tiba-tiba dan mendadak. Kenapa bisa begitu?

Pada saat kram, tubuh akan merasakan nyeri yang hebat, sulit untuk digerakkan, dan otot menjadi tegang. Dilansir dari essortment, Kamis (9/7/2009) kram dapat terjadi jika tubuh merasakan terlalu dingin, aktivitas yang terlalu berat tanpa melakukan peregangan otot terlebih dahulu, atau karena kekurangan kalsium.

Kram bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada orang sehat sekalipun. Kram adalah kontraksi otot yang memendek atau kontraksi sekumpulan otot yang mendadak sehingga menimbulkan nyeri.

Kekurangan beberapa vitamin juga bisa menyebabkan kram, seperti vitamin B1, B5 dan B6. Beberapa kram melibatkan serentak kontraksi otot yang biasanya bergerak dibagian tubuh yang berlawanan arah. Kram juga bisa terjadi jika aliran darah ke otot yang terkena itu berkurang.

Selain itu kram juga bisa disebabkan oleh tidak cukup minum cairan sehingga tubuh kekurangan cairan, memakai pakaian yang terlalu ketat sehingga menghambat aliran darah, memakai sepatu yang salah atau tidak menggunakan sepatu saat melakukan aktivitas tertentu.

Pada ibu hamil cenderung mengalami kram saat tidur, mungkin karena bayi mengambil sebagaian besar gizi ibu, sehingga meninggalkan sedikit untuk ibunya.

Secara karkteristik, kram itu pasti sakit. Biasanya penderita harus menghentikan aktivitas apapun dan mencari bantuan. Kram yang sangat parah mungkin terkait dengan rasa nyeri yang disertai dengan pembengkakan, dan secara tersirat otot akan menjadi besar, dan akan berasa kuat.

Kram dapat dicegah dengan cara:
Melakukan peregangan setiap Anda ingin melakukan aktivitas yang berat atau setiap malam.
Latihan rutin untuk membantu sirkulasi.
Minum delapan gelas air setiap hari, sehingga tidak dehidrasi.
Cukup makan makanan yang kaya akan kalsium dan kalium, seperti pisang, jeruk, kentang dan sayuran segar.
Memakai stocking yang elastis untuk mempertahankan kaki tetap hangat.

Jika kita terkena kram, maka hal yang perlu dilakukan adalah:
Merendam di bak air hangat.
Meletakkan penghangat pada tempat yang kram.
Jika kaki yang kram, cobalah untuk berdiri dan berjalan.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar